Janganlah sampai kita termasuk orang yang "enggan"

Kesombongan...
Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan (walau) sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Rasulullah, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR Muslim)

"Menolak kebenaran" adalah enggan atau mengingkari (kafir) dan berpaling darinya serta tidak mau menerimanya. Sedangkan "meremehkan orang lain" adalah merendahkan, memandang orang lain tidak ada apa-apanya dan melihat dirinya lebih dibandingkan orang lain. (Syarh Riyadus Shaalihin, II/301, Syaikh Muhammad bin Shalih al ‘Utsaimin, cet Daar Ibnu Haitsam)

Iblis dilaknat Allah subhanahu wa ta'ala karena ia berlaku sombong, ia enggan untuk memenuhi perintah-Nya karena merasa lebih baik dari Adam alaihis salam...

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat, 'Sujudlah kalian kepada Adam,' maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan yang kafir“ (QS Al Baqarah 34)

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat, 'Bersujudlah kamu kepada Adam', maka merekapun bersujud kecuali Iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. Allah berfirman: 'Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?' Menjawab iblis, 'Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah." (QS Al A'raaf 11-12)

Janganlah "enggan"!

Seluruh umatku akan masuk surga kecuali yang enggan”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah yang enggan (untuk masuk surga)?”. Beliau menjawab, “Barang siapa yang taat padaku maka ia akan masuk surga, dan barang siapa yang tidak mentaatiku berarti ia telah enggan (untuk masuk surga)”. (HR Bukhari)

Dan karena...

"Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (surga) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Qashash 83) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar